5 Daftar Referensi Kampus Terbaik di Thailand 2024

STMIK Berkat kekayaan budaya dan alamnya yang indah, Thailand tidak hanya menjadi tujuan wisata yang menarik, tetapi juga menjadi salah satu negara di Asia Tenggara di mana Anda dapat memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas.

Dalam lanskap pendidikan global yang berubah secara dinamis, Thailand terus menonjol dengan universitas universitas yang menawarkan standar akademis yang tinggi dan fasilitas canggih. Dari Bangkok hingga pedesaan utara, Thailand memiliki sejumlah kampus yang diakui secara nasional dan internasional.

Nama Universitas Terbaik di Thailand

Jika Anda tertarik untuk belajar di Thailand, seperti yang dilansir dari EduRank 2024, berikut ini rekomendasi empat universitas terbaik di Thailand.

Mahidol University

Universitas Mahidol, yang menduduki peringkat pertama di Thailand dan peringkat ke-73 di Asia, merupakan institusi pendidikan terkemuka yang berlokasi di 999 Puttama Thongsai 4 Road, Salaya, Distrik Phuttamonthon, Provinsi Nakhon Pathom, Thailand, 73170. Awalnya didirikan pada tahun 1943 sebagai perguruan tinggi kedokteran, kemudian berganti nama menjadi Universitas Mahidol untuk menghormati Pangeran Mahidol dari Songkhla, bapak kedokteran modern dan kesehatan masyarakat Thailand. 

Universitas Mahidol terdiri dari 17 fakultas, enam sekolah tinggi dan sembilan institut. Fakultas-fakultas di Universitas Mahidol terutama menawarkan program-program di bidang ilmu kesehatan, sains dan teknologi, ilmu sosial dan humaniora. 

Kolese Universitas Mahidol menawarkan program-program di bidang administrasi bisnis, musik, serta ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga. Universitas Mahidol terdiri dari empat kampus – Kampus Bangkok Noi, Kampus Phayathai, Kampus Saraya dan Kampus Vipawadee – dan tiga kampus provinsi di Kanchanaburi, Nakhon Sawan dan Amnat Charoen.

Chulalongkorn University

Berada di peringkat kedua di Thailand dan ke-74 di Asia, Chulalongkorn University adalah salah satu institusi pendidikan paling bergengsi di Thailand. Berlokasi di 254 Phaya Thai Road, Wang Mai, Pathumwan, Bangkok 10330, Thailand, universitas ini merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Thailand, didirikan pada tahun 1917 sebagai universitas nasional. 

Didirikan oleh Raja Vajiravudh (Raja Rama VI) dan dinamai untuk menghormati ayah Raja, Raja Chulalongkorn (Raja Rama V), Universitas Chulalongkorn memiliki sejarah 107 tahun sejak didirikan pada tahun 1917 dan masih sangat dihormati sebagai tonggak sejarah pendidikan di Thailand Saat ini.

Chiang Mai

Chiang Mai University adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Thailand. Berada di peringkat ketiga di Thailand dan ke-139 di Asia, universitas ini terletak di 239 Huay Kaew Road, Huay Kaew, Provinsi Curam, Distrik Muang Chiang Mai, Chiang Mai, Thailand 50200.

Kasetsart University

 

Kasetsart University, sering telah di singkat menjadi KU, merupakan salah satu institusi pada pendidikan paling terkenal di Thailand. Terletak di pinggiran kota Chatuchak, Bangkok, KU didirikan pada tahun 1943 dengan spesialisasi ilmu pertanian. Kini di tahun ke-81 keberadaannya, KU telah menjadi salah satu institusi pendidikan yang paling dihormati dan memiliki reputasi baik di Thailand.